Ciri-Ciri dan Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak

Faktor Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak biasanya diawali dengan ketidak tahuan dari para pengguna, kerusakan pada hardisk laptop biasanya akan menimbulkan error pada system komputer, mulai dari hang, crash, dan tidak mau booting sama sekali. Kerusakan yang lebih parah lagi yaitu hardisk rusak secara hardware yaitu hardisk rusak karena bad sector. Mau tidak mau hardisk tersebut harus diganti dengan yang baru.

Ciri-ciri dari penyebab hardisk laptop cepat rusak yaitu 
  • Komputer tiba-tiba diam atau seperti freeze, mouse dan keyboard tidak mau berfungsi sama sekali kemudian komputer harus di restart atau dimatikan kemudian dinyalakan kembali.
  • Saat komputer dinyalakan maka komputer hanya diam saja atau seperti tidak merespon sama sekali.
  • File tiba-tiba hilang tanpa diketahui penyebabnya
  • Komputer bekerja sangat lambat sekali, tidak seperti biasanya.
Jika sobat mempunyai permasalahan seperti diatas maka sobat harus mencurigai karena ciri-ciri utama diatas merupakan dari penyebab hardisk rusak


Ciri ciri dan Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak


Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak:

Melakukan shutdown secara paksa
Sering sekali diantara pengguna melakukan kesalahan dalam hal mematikan komputernya, seharusnya komputer dimatikan pada opsi shutdown

Tegangan Listrik yang tidak normal
Dalam hal ini sering juga diantara kita yang dirumahnya listrik nya tidak stabil, disaat kita sedang asik bermain laptop maka secara tiba-tiba komputer mati secara otomatis tanpa melalui proses opsi shutdown yang benar.
Guncangan keras pada Hardisk
Guncangan yang keras pada hardisk dapat mempercepat kerusakan pada hardisk anda karena menyebabkan kerusakan pada komponen didalam hardisknya, dengan adanya guncangan maka head hardisk yang mengambang pada permukaan piringan atau platter hardisk dapat kendor atau lepas atau head hardisk dapat menyentuh dengan komponen lainnya.

Suhu Panas Laptop yang terlalu Tinggi
Suhu yang terlalu panas pada laptop juga dapat mempengaruhi kerusakan pada hardisk dan komponen didalamnya bisa saja korslet yang dapat mempercepat kerusakan pada hardisk.

Sering Install dan Uninstall
Dalam hal ini jika sobat sering melakukan install dan uninstall pada komputer atau laptop maka kurangilah dalam hal melakukan tersebut karena dengan melakukan install dan uninstall maka hardisk akan bekerja secara tinggi dan juga akan memperpendek umur hardisk.

Dengan mengetahui dari Ciri-ciri Penyebab Hardisk Laptop Cepat Rusak maka sobat dapat meminimalisir dalam memperpanjang umur hardisk.
Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua.


Sumber: http://www.it-newbie.com/2014/04/ciri-ciri-dan-penyebab-hardisk-laptop.html#ixzz3fJx8DIiy

Tolong Laporkan Jika Ada Link Yang Error Atau Gambar Tidak Muncul :)
dan mohon untuk mengklik iklan banner untuk kelangsungan blog :)"
Sekalian juga untuk biaya sekolah admin nya. :) terimakasih :)
EmoticonEmoticon