Laptop Restart Sendiri, Beberapa Sebab dan Solusinya

Persoalan Laptop Restart Sendiri jika ditinjau lebih mendalam masih bisa dibedakan seperti saya sebutkan sebelumnya. Laptop restart otomatis sebelum masuk desktop atau masih saat proses masuk windows. Penananganan keduanya pun berbeda. Peristiwa ini dapat disebabkan oleh kesalahan sistem, fluktuasi daya atau ketidakcocokan secara keseluruhan.
Kasus Laptop Restart terus dapat dibedakan dalam beberapa jenis;
  1. Anda masih bisa bekerja pada desktop beberapa saat lalu Laptop Restart Sendiri.
  2. Beberapa saat setelah masuk desktop laptop langsung restart dan ada tampilan Blue screen of death
  3. Proses booting BIOS lancar tetapi ketika proses windows mulai jalan, laptop restart sendiri.
  4. Proses BIOS tidak sempurna dan laptop langsung restart.

Laptop Restart Sendiri, Beberapa Sebab dan Solusinya

Dalam artikel ini hanya mengungkap penyebabnya dan jalan keluarnya secara engkap silahkan gunakan ebook teknisi laptop yang kami produksi dengan harga murah. Berikut ini beberapa penyebab mengapa restart sendiri;
  1. Masalah batrei laptop. Jika anda menggunakan batrei laptop maka kadang-kadang jika batrei ini longgar akan menyebabkan laptop restart sendiri ketika batrei goyang.
  2. Masalah adapter laptop. Jika anda menggunakan adapter tanpa batrei laptop maka kadang-kadang jika jack DC pada motherboard longgar akan menyebabkan laptop restart sendiri ketika jack ini goyang.
  3. Kapasitor. Penyebab lain masalah laptop restart sendiri sendiri adalah masalah motherboard. Ketika kapasitor pada motherboard gagal karena kering atau bocor, laptop akan reboot berulang kali. Hal ini biasanya disebabkan oleh sumber daya yang buruk dan tidak stabil.
  4. Lonjakan Power. Walau ini agak langka menyebabkan laptop restart sendiri tetapi baik juga untuk anda ketahui. Sebuah lonjakan listrik dapat disebabkan oleh kegagalan daya tiba-tiba. Hal ini dapat disebabkan oleh lonjakan listrik dari layanan listrik setempat. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan PC dan sistem operasi Windows. Untuk mencegah hal ini, Anda harus selalu menggunakan Stabilizer dan Uninterrubtible Power Supply (UPS).
  5. Fatal Error. Kadang-kadang, Anda akan menemukan sebuah kesalahan fatal yang muncul menyebabkan layar biru. Dalam versi Windows sebelumnya, layar ini tetap sampai reboot manual. Namun, dengan XP dan seterusnya, fatal error ini akan menyebabkan laptop reboot sendiri alias laptop restart sendiri. Jika kesalahan tidak diperbaiki, laptop akan terus reboot.
  6. Software dan Driver. Kadang-kadang, ketidakcocokan perangkat lunak akan menyebabkan laptop reboot sendiri. Jika sebuah aplikasi baru dipasang, mungkin ada kesalahan. Jika tidak, mungkin ada perangkat keras yang membutuhkan driver yang bertentangan dengan perangkat lunak lainnya.
  7. Perangkat keras. Memori RAM yang tidak rapat pada kedudukannya adalah salah satu penyebab laptop restart sendiri. Persoalan lain dalam hal perangkat keras adalah tidak kompatibel. Jika jenis perangkat yang salah telah dipasang, maka akan menyebabkan masalah inkompatibilitas dan kadang-kadang menyebabkan reboot.
Jika komputer Restart terus dari desktop, atau jika Anda melihat kilatan layar biru sebelum restart, maka Windows dalam keadaan tidak sehat. Ini bisa disebabkan banyak hal. Penyebabnya bisa software, file windows korup, virus atau kerusakan hardware. Sebagai langkah awal karena anda masih bisa masuk desktop, lakukan langkah-langkah dibawah ini.
  1. Klik kanan My Computer
  2. Pilih Properties
  3. Pilih Tab Advanced
  4. Di bawah Start-up and Recovery, hapus centang pada kotak Automatic Restart dan kemudian klik OK.
  5. Reboot komputer. Ada kemungkinan masalah hilang namun kemungkinan lain adalah komputer malah hang.
Demikian artikel singkat masalah laptop restart sendiri semoga dapat membantu anda

Tolong Laporkan Jika Ada Link Yang Error Atau Gambar Tidak Muncul :)
dan mohon untuk mengklik iklan banner untuk kelangsungan blog :)"
Sekalian juga untuk biaya sekolah admin nya. :) terimakasih :)
EmoticonEmoticon