Cara Mengganti Baterai CMOS Laptop

Baterai CMOS (Complementary metal–oxide–semiconductor) disebut juga CMOS RAM atau hanya CMOS adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai bulat yang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi).

OK deh, singkat saja penjelasanya mengenai CMOS. Perlu saya beritahu sebelumnya, Laptop yang saya ganti baterai CMOS-nya ini adalah Compaq Presario CQ40. Lansung saja ini dia cara mengganti baterai CMOS pada laptop :

1. Cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop termasuk lepas baterai laptop...




2. Buka penutup baterai CMOS pada bagian bawah laptop tepatnya disamping tempat baterai. (setiap laptop memiliki tempat yang berbeda-beda, ada yang harus sampai bongkar body laptop seperti Axioo, baru bisa melepas baterainya.)


3. Jika sudah terbuka, maka akan terlihat baterai CMOS laptop yang terbungkus plastik hitam dengan kabel merah hitam.


4. Cabut kabel baterai dari konektonya sehingga terlepas seperti gambar dibawah ini.





5. Untuk langkah ini ada 2 opsi yang ada. Pertama beli paketan baterai CMOS yang sudah terbungkus seperti pada gambar, atau yang kedua membeli isi baterai nya dan mengganti sendiri.


6. Jika Sobat memilih opsi yang pertama, maka anda tinggal membeli paket baterainya di HP center dan tutorial berhenti disini. Perlu saya informasikan harganya adalah Rp150.000,00. Tinggal colokan baterai yang baru tanpa harus susah mengganti isi baterai, tapi dengan harga baterai yang relatif sangat mahal..


7. Tapi jika anda memilih opsi kedua, maka tutorial ini akan berlanjut. Dan langkah selanjutnya adalah membuka pembungkus plastik baterai untuk mengambil baterainya seperti gambar dibawah ini.
Isi baterai CMOS di pasaran hanya Rp 2.000,00 saja. Ingat, sebaiknya baterai baru yang digunakan sama seri dan dayanya dengan baterai yang sebelumnya, yaitu CR2032.




8. Cara melepas baterainya dari besi pengait itu adalah dengan cara di blower / dipanaskan dulu baru bisa lepas.

9. Setelah lepas. Pasang baterai yang baru dan Blow lagi untuk merekatkan.

10. Bungkus baterai yang sudah diganti tadi dengan isolasi hitam untuk merapikanya.



11. Setelah terbungkus rapi, colokan kembali pada slot baterai CMOS pada laptop Sobat.. Tutup kembali body laptop, dan nyalakan seperti biasa.



12. Cara sederhana untuk mengecek baterai berfungsi atau tidak adalah dengan mengecek waktu dan  penanggalan yang telah di atur lagi. Apakah kembali ke waktu yang lama atau waktunya berlanjut, setelah komputer dimatikan beberapa saat.


Demikian informasi dari saya tentang Cara Mengganti Baterai CMOS pada Laptop. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba...Good Luck...


sumber : http://widanarta.blogspot.co.id/2013/03/cara-mengganti-baterai-cmos-laptop.html

Tolong Laporkan Jika Ada Link Yang Error Atau Gambar Tidak Muncul :)
dan mohon untuk mengklik iklan banner untuk kelangsungan blog :)"
Sekalian juga untuk biaya sekolah admin nya. :) terimakasih :)
EmoticonEmoticon